- Back to Home »
- tugas posting »
- Andrew Darwis
Posted by : Meyndra Triaji Nugraha ( INDRA)
Kamis, 29 Mei 2014
Andrew
mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba
ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle
University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle
Computer Science pada tahun 1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi
membuat website forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di
Indonesia.[1] "Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program
dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama
Kaskus." Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat kuliah di
Amerika.
Kaskus
berasal dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar
US$ 3 (Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan
Budi, memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi
tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk
memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri.[2]
Manfaatnya
adalah semakin membaiknya geliat bisnis online, serta banyaknya orang yang
memulai bisnis online dilihat Andrew sebagai potensi besar yang mendukung
perkembangan Kaskus. Berdasarkan survey, terdapat lebih dari 40 juta pengguna
Internet di Indonesia. Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan
bahwa masing-masing pengguna Internet adalah target pasar yang potensial
Kendalanya
Andrew mengaku bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus.
Ia harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down,
karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat
juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karenai ia harus meyakinkan customer
dan advertiser mengenai citra Kaskus.
Pemasarannya
Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk
memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak
dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama
kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus
resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera PT. Darta Media
Indonesia.
Saat ini
tercatat Kaskus memiliki 4.366.134 member(update pertanggal 20 Mei 2012 pada
pukul 13.21) dan terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar
dari usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional
dan entrepreneur.
Berbagai
penghargaan juga diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian
Communities for 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, dari Microsoft
dengan nominasi Kaskus Indonesia Innovative Top Web Site pada tahun 2008, dan
dari Indosat dengan nominasi Kaskus The Online Inspiring Award pada tahun 2009
Saat ini
untuk me-manage Kaskus, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim
pemasaran (marketing), sales, IT dan kreatif (creative).
Dari
sekian banyak konten dalam Kaskus.us, tanpa ragu Andrew menyebut konten Forum
Jual Beli (FJB) dan Lounge sebagai terfavorit dikunjungi kaskuser. Para
kaskuser yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia itu bisa memanfaatkan
konten ini untuk transaksi bisnis online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar
barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB).
Obsesi
yang ingin diraih Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus
mengembangkan content (fasilitas yang ada di dalam website) Indonesia, sehingga
nantinya orang luar negerilah yang akan membeli content itu.
Penghargaan
2005, 2006: The best Indonesian Communities
versi Alexa.com dan Wikipedia.
2008: Oleh Microsoft : KASKUS Web Site that
recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008)
2009: Oleh Indosat : KASKUS - The Online
Inspiring Award 2009
2009: Oleh Presiden RI : KASKUS - The Big
Place Market 2012