Posted by : Meyndra Triaji Nugraha ( INDRA) Jumat, 03 Mei 2013



Rasa mengantuk itu muncul kita mau tidur, tapi  bagaimana jika ngantuk pada saat beraktifitas pagi atau siang hari terutama pada saat kuliah atau kerja mungkin itu sangat mengganggu aktivitas kita, dan berikut ini beberapa agar tidak mudah mengantuk saat beraktivitas di pagi atau siang hari.

Tambahkan  pencahayaan


Pencahayaan yang redup akan makin memperparah rasa ngantuk anda, karena terhadap cahaya terang bisa mengurangi rasa ngantuk.

Cahaya matahari
Sinar di siang hari. Cobalah untuk menghabiskan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari di luar ruangan yang cerah. Karena bisa mengurangi rasa ngantuk anda.

Berolahraga untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan
Karena dengan berolahraga sangat efektif untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari , dan latihan secara rutin selama 30 menit per hari bisa membantu meningkatkan energi anda.

Mengambil napas dalam-dalam
Menarik napas dalam-dalam akan meningkatkan oksigen dalam darah. karena akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperlancar sirkulasi. Tarik dan embuskan napas secara teratur selama beberapa menit.

Minum banyak air
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan. Pastikan anda mendapatkan cukup cairan dan mengonsumsi cukup makanan yang mengandung banyak air, seperti buah-buahan dan sayur.
 
Berjalan Kaki
Karena jika terlalu banyak duduk kita akan merasa lelah, sebaiknya berjalan kaki selama 5 menit untuk membuat kita lebih merasa terjaga. Pada saat berjalan kaki selama 10 menit sangat meningkatkan energi selama 2 jam. karena, berjalan kaki memompa darah ke pembuluh darah, otak, dan otot.

Tidur siang
Karena jika tidur siang  anda akan terasa  teratur,  tetapi jangan terlalu berlebihan cukup 2 jam waktu istirahat pada siang hari.

Istirahat mata untuk mencegah kelelahan
Karena menatap satu titik yang sama bisa menyebabkan mata kita tegang dan memperparah rasa ngantuk dan kelelahan. Sebaiknya anda alihkan pandangan terutama  dari monitor selama beberapa menit  untuk merilekskan otot mata anda.

Mengobrol
Jika anda mulai mengantuk, coba untuk mengobrol anda karena mengaktifkan otak anda, dan cobalah untuk  mengenai hal-hal yang sesuai minat anda, atau hal yang menjadi kontroversi belakangan ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kategori

Followers

UNIVERSITAS GUNADARMA

. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © TASK !! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Meyndra -