Posted by : Meyndra Triaji Nugraha ( INDRA) Jumat, 10 Mei 2013



Pasar adalah proses interaksi atau tempat bertemunya  antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Dengan demikian, proses bertemunya atau transaksi jual beli dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan, yang kemudian akan membentuk harga yang disepakati antara penjual dan pembeli
 
Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan strukturnya kepada beberapa bentuk pasar, berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri.


Struktur pasar  dibagi kedalam dua jenis :

-Pasar persaingan sempurna adalah persaingan yg terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
-Pasar persaingan tidak sempurna biasanya dibagi beberapa jenis, yaitu Pasar monopoli, Pasar oligopoly, Pasar monopolistic, Pasar oligopsoni, dan Pasar duopoly.

Kemudian terkait penyajian pada presentasi kemarin, hal yang banyak disinggung adalah tentang peranan pasar monopoli. Dari pengertian itu sendiri pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang menguasai  terhadap permintaan banyak pembeli atau konsumen. Pada kasus nya dimana penyedia jasa listrik di Indonesia hanya di kuasai oleh satu perusahaan saja dari BUMN yaitu PT. PLN. PLN sendiri sebagai pemain tunggal dalam memasok listrik nasional, menurut saya memang lebih baik penyedia listrik nasional di pegang oleh BUMN atau pemerintah, mengingat masih banyak nya penduduk Indonesia yang memerlukan subsidi listrik dalam keperluan sehari-hari. 

Kenapa hanya PT PLN saja yang menyediakan listrik nasional..?
karena menurut saya jika pihak swasta juga ikut dalam hal penyediaan listrik nasional, kemungkinan besar mereka menjalankanya hanya untuk orientasi keuntungan, yang mungkin akan sangat mahal biaya lisrtik yang akan ditanggung oleh masyarakat, karena tidak mungkin pihak swasta mau memberikan subsidi bagi orang banyak. Jadi idealnya pemerintah lah yang harus mengelola ini semua, karena pemerintah tidak menjalankan hanya untuk keuntungan semata, melainkan untuk keperluan orang banyak serta pengawasan dalam penggunaan nya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kategori

Followers

UNIVERSITAS GUNADARMA

. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © TASK !! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Meyndra -