Posted by : Meyndra Triaji Nugraha ( INDRA) Jumat, 10 Mei 2013

Menurut saya Pendapatan Nasional adalah keseluruhan jumlah suatu barang dan jasa yg di produksi oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu, jadi, biasanya dalam kurun waktu setahun. Dari sini lah kita dapat melihat pendapatan rata2 perkapita suatu negara.

Pendapatan Nasional itu di bagi menjadi 3 yaitu ;

Nilai seluruh produk yg di produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu, biasanya setahun
Jumlah pendapatan yg di terima oleh seluruh faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.
Jumlah pengeluaran dalam membeli barang dan jasa yg di produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.

pendapatan perkapita  termasuk ke dalam pendapatan nasional, tetapi ada yg tidak termasuk
pendapatan nasional. Di ibaratkan pendapatan nasional itu pendapatan yg diperoleh dari hasil pertama yg di buat nya atau di perolehnya, jadi jika suatu negara itu misalkan mengeksport timah ke negara lain dan menjualnya maka, pendapatan itu termasuk kedalam pendapatan nasional, karena bahan mentah tersebut di peroleh dari  negara itu sendiri, tetapi jika si negara yg import timah tersebut dan menjualnya lagi, maka tidak di sebut sebgai pendapatan nasional untuk negara yg import tersebut.
Dan bila di kaitkan dengan pertumbuhan ekonomi, maka suatu negara yg Pendapatan nasional nya boleh di katakan rata-rata atau diatas ratar-ata, ini yg menunjukan bahwa suatu negara tersebut perekonomian nya setabil, sangat maju dan masyarakatnya tidak di garis bawah kemiskinan.
pertumbuhan ekonomi juga pasti akan terjadinya inflasi. Apa itu inflasi.

Inflasi itu adalah keadaan dimana harga barang  mengalami kenaikan, dan terjadi penuruan nilai uang dalam negeri. Dan dari situ juga kita dapat mengukur tingkat pertumbuhan perekonomian itu baik atau buruknya masalah yg di hadapi suatu negara.
Pemerintah dalam suatu negara pun tidak tinggal diam dalam masalah inflasi ini. Yaitu dengan cara menekan laju inflasi itu sendiri. Dengan cara ;
Kebijakan Moneter, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Non Moneter.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kategori

Followers

UNIVERSITAS GUNADARMA

. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © TASK !! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Meyndra -